Apa Kekurangan Iklan Elektronik Dibanding Iklan Cetak – Pemberitahuan Penting Scheduled Server Maintenance (GMT) Minggu, 26 Juni, pukul 02:00 hingga 08:00 . situs sedang down pada waktu yang ditentukan!
C. Iklan promosi Tujuan dari iklan ini adalah untuk menawarkan produk atau layanan. Pemberitahuan penawaran layanan, juga dikenal sebagai pemberitahuan komersial dan pemberitahuan pekerjaan. Contoh: (sumber: www.admini.com) 2.6. aktivitas Ajukan pertanyaan berikut dalam diskusi! 1. Tuliskan nama ketiga notifikasi elektronik tersebut. Pesan yang disampaikan dan daya tarik iklan! Judul iklan untuk pesan yang menarik a. …. b. … c. …. 2. Sebutkan juga dua iklan media cetak. Tempelkan iklan ke tabel Anda. Jelaskan isi iklan dan penawaran dengan kata-kata Anda sendiri! 45 Bab 2 Indonesia
Daftar Isi
Apa Kekurangan Iklan Elektronik Dibanding Iklan Cetak
Potong Konten Promosi Iklan Promosi 3. Temukan dua contoh iklan baris, iklan layanan masyarakat, dan iklan promosi. Jelaskan juga arti dari setiap iklan! Jenis Iklan (Iklan (Iklan Layanan (Iklan Penawaran)))) Penjelasan Jenis Iklan (Iklan (Iklan (Iklan Layanan))) Jenis Iklan) Penjelasan 2. Struktur Teks Iklan Perhatikan kembali iklan yang ditampilkan pada pelajaran sebelumnya. Bagian berikut muncul dalam iklan. A. Presentasi produk. Bagian ini juga bisa disebut judul teks. b.Pernyataan persuasif meliputi pernyataan yang mendorong pembaca atau pendengar untuk melakukan sesuatu. Bagian ini biasanya merupakan pernyataan tentang keunggulan produk yang ditawarkan. Selain itu, iklan sering kali menampilkan slogan, gambar produk, serta nama dan logo perusahaan. 1) slogan, misalnya: “Bangun perpustakaan, bangun peradaban tertinggi”. 46 Kelas VIII SMP/MT
Contoh Media Cetak Yang Digunakan Untuk Menyampaikan Sebuah Iklan Adalah
2) Citra dan logo perusahaan atau nama produk. Contoh: gambar tumpukan buku. 2.7. tugas 1. Guntinglah tiga contoh iklan, terutama yang bertema pendidikan. 2. Tempelkan iklan ke tabel sebagai berikut. 3. Kemudian jelaskan struktur iklan tersebut! 4. Bacalah hasil analisismu untuk mendapatkan jawaban dari temanmu berdasarkan poin-poin berikut! Deskripsi nilai citra a.Kesempurnaan (1-4) b.Akurasi c. Kejelasan ruang lingkup 3. Kaidah kebahasaan teks iklan Tujuan teks iklan adalah untuk menawarkan produk berupa barang atau jasa. Oleh karena itu, kata-kata yang muncul biasanya bersifat persuasif, persuasif, atau menyemangati tentang suatu cara atau jalan hidup. Pernyataan dalam teks iklan biasanya bersifat wajib, yaitu permintaan, ajakan, dorongan, atau larangan. Klausa imperatif sendiri ditandai dengan kata-kata seperti find. Kata lain adalah menemani, berpartisipasi, memanifestasikan, mengumumkan, menikmati, diinginkan, datang, datang dan tidak. Bahasa iklan seringkali menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah diingat dan dipahami. Kalimat yang panjang dan rumit selalu dihindari dalam iklan. Bahasa yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, yang sering digunakan selain untuk menciptakan kesan positif terhadap produk-produk buatan Indonesia.
Ditawarkan. Memilih kata yang beresonansi dan memiliki banyak kesamaan juga merupakan pilihan penting dalam bahasa periklanan. Selain itu, bahasa iklan harus pendek agar audiens mudah mengingatnya. Bahkan, iklan baris membutuhkan penggunaan kata dan huruf yang lebih efisien. Iklan baris mendukung efisiensi kata. Singkatan sering digunakan dalam iklan. Berikut adalah beberapa singkatan yang sering digunakan dalam iklan baris dan singkatannya. Singkatan Singkatan BPK PROF profesional BT bata PEND pendidikan CCK cocok PLG sebagian besar CCL batch PO mail CPT cepat RMH rumah CV resume RP rupee JL jual SE Sarjana Ekonomi JT jutaan SDRJ sesuai HUB hubungi STL KRM setelah tahun kirim LLP telepon LKP aplikasi TNG , LS TP, tanpa perantara, mengisi area LGBT U/ MG UTK WST untuk perjalanan akhir minggu. Jika kami mengetahui singkatannya, mereka akan membantu Anda memahami arti dari iklan ini dengan lebih mudah. Contoh iklan di bawah ini. DIJUAL RMH SEMI DETACHED LS 174 BT 4 BH POOL, AIR BAIK, CCK RUMBRA. 3283799 (TP) 48 Kelas VIII SMP/MT
Iklan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut. Dijual rumah semi-terpisah 174 bata dengan empat kolam renang. Airnya bagus. Rumah cocok untuk bersantai. Hubungi 3283799 tanpa perantara. Tugas 2.8 A. 1. Perhatikan contoh iklan berikut! 2. Diskusikan aturan bahasa yang digunakan dalam iklan di bawah ini! Apakah aturan bahasa memenuhi persyaratan yang telah Anda pelajari? Contoh aturan bahasa Iklan 123 4 5 (sumber: iluhanik.wordpress.com) 49 Bab 2 Bahasa Indonesia
(sumber: www.kesehatakita.com) (sumber: www.kesehatakita.com) Keterangan: 1 = persuasif 2 = wajib 3 = berirama 4 = kesan positif 5 = pendek B. 1. Evaluasi kualitas kebahasaan dalam bahasa kelompok dua pengumuman / poster berikut ! 2. Gunakan formulir penilaian di bawah ini! 50 Kelas VIII SMP/MT
Pengaruh Pesan Iklan Tokopedia Versi “ciptakan Peluangmu” Terhadap Mi…
Iklan I Iklan II (sumber: www.learning.com) Iklan 1 Judul iklan: …. Isi iklan: …. Aspek penilaian nilai (1-4) Keterangan a.Persuasif b.menarik c. Irama d. Efektivitas e Ringkasan Total 51 Bab 2 Indonesia
Iklan II Judul iklan: …. Isi iklan: …. Aspek penilaian nilai (1-4) Keterangan a.Persuasi b.Memikat c. Irama d. Efektivitas e.Ringkasan Total 3. Bagaimana dengan pendapat teman-teman di kelompok lain? pendapat yang sama atau berbeda? Akhiri forum diskusi kelas! D. Menulis Iklan Setelah mempelajari materi ini diharapkan mampu: secara lisan dan tulisan menyampaikan gagasan, pesan dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan atau poster. 1. Langkah-langkah Penulisan Iklan yang baik dapat menampilkan produk yang berbeda dengan produk lainnya. Iklan yang baik mengandung pesan-pesan yang rasional dan mudah dipahami oleh masyarakat. Selain itu, iklan harus fokus pada rumus sebagai masalah, janji, dan bukti. A. Mulailah iklan Anda dengan pernyataan yang menarik perhatian audiens Anda, yaitu berfokus pada minat atau perhatian mereka. Misalnya, jika Anda akan menjual obat (jerawat), gunakan kalimat berikut: “Apakah Anda memiliki jerawat di wajah Anda?”
Menurunkan berat badan?” Contoh lain: Anda sering stres. Apakah Anda ingin tenang dalam waktu kurang dari 30 menit? b. Menawarkan solusi. Misalnya, Anda dapat membuat promosi penjualan berikut untuk masalah jerawat: “Obat Yamu Cantik akan kurangi jerawat dan hilangkan dalam tiga hari setelah pemulihan, dan Anda akan terlihat cantik kembali.” Anda dapat menawarkan solusi untuk masalah berat badan seperti, “Perawatan non-diet baru ini hanya tentang pikiran Anda, bukan makanan yang Anda makan. Ide bisa cepat habis.” c. Tunjukkan bukti Yang benar-benar dibutuhkan audiens Anda adalah bukti. Saat membuat iklan, Anda tidak boleh hanya membuat janji. Agar mereka lebih yakin, tunjukkan bukti bahwa solusi yang Anda tawarkan adalah benar dan memenuhi harapan mereka. Berikut adalah beberapa contohnya: a. Jerawat akan sembuh dalam 30 hari atau uang Anda kembali. 11.500 orang yang wajahnya memutih setelah menggunakan produk kami b. Studi menunjukkan bahwa orang kehilangan sekitar 13 kg setelah menggunakan produk ini. ini baru metode c . Metode pijat kami membuat Anda merasa sangat santai, bahwa Anda akan tertidur di meja pijat saya d. Kirim harga Bagian terakhir adalah meminta harga yang Anda inginkan Ini adalah contoh 1. “Jika Anda ingin memberinya facial, pesan minuman spesial sekarang dengan harga…” 2. Hanya …. kamu bisa bermain gitar akhir pekan ini. 53 Unit 2 Bahasa Indonesia Indonesia
3. Klik di sini untuk membayar jumlahnya…. dan Anda dapat mengunduhnya sekarang. Di bagian ini, Anda juga dapat menawarkan penawaran lain, seperti diskon dan banyak fasilitas lainnya. Tugas 2.9 A. 1. Perhatikan iklan berikut! (Sumber: www.environmentallive.com) 2. Jawablah pertanyaan berikut! a. Iklankan produk, apa teksnya? b. Masalah apa yang ditimbulkannya? c. Solusi seperti apa yang ditawarkan iklan? d. Apakah ada bukti untuk meyakinkan publik tentang itu? e. Bagaimana iklan menarik penonton dibandingkan dengan harga yang ditawarkan? B. 1. Buat iklan dengan terlebih dahulu mengidentifikasi barang/jasa yang Anda tawarkan. 2. Atur iklan dengan memperhatikan struktur dan aturan bahasanya! 54 Kelas VIII SMP/MT
Pdf) Pemilihan Bahasa Dalam Iklan �orang Pintar Minum Tolak Angin� Vs �orang Bejo Minum Bitang Toejoeh Masuk Angin� Dalam Etika Periklanan
2. Mengedit iklan Tinjau iklan yang telah Anda kumpulkan, terlepas dari apakah iklan tersebut terkait dengan konten, struktur, atau bahasa. Apakah ada bagian yang harus diperbaiki? Langkah-langkah berikut harus dilakukan selama proses pengeditan. Langkah-langkah ini harus diambil untuk menghasilkan karya tulis yang lebih baik. Pengeditan hampir sama dengan evaluasi fungsi. Oleh karena itu, pertanyaan yang diajukan dalam kegiatan dapat digunakan kembali sebagai berikut. a. Apakah iklan sepenuhnya terstruktur? b. Apakah informasi yang diberikan mudah dipahami? c. Apakah kata-katanya ringkas dan meyakinkan? d. Apakah gambar-gambarnya menarik? e. Apakah iklan cocok untuk produk yang dijual dan juga untuk target audiens? Selain itu, Anda dapat mempelajari masalah yang terkait dengan sistem penulisan, seperti standar ejaan/tanda baca. Latihan 2.10 A. 1. Perhatikan dua pengumuman di bawah ini! (sumber: www.listrikita.com) (sumber: www.kesehatankita.com) 2. Manakah dari kedua iklan tersebut yang perlu diperbaiki? Jelaskan alasannya. 55 Bab 2 Bahasa Finlandia
3. Ungkapkan pikiran Anda di depan teman-teman Anda untuk mendapatkan jawaban! Jawaban teman menurut pendapat saya B. 1. Perhatikan iklan yang anda buat sebelumnya! 2. Baca lagi bersama teman! 3. Mintalah teman Anda untuk melakukan perubahan pada iklan yang Anda buat, baik dari segi isi, struktur maupun aturan bahasa. Aspek bentuk kesalahan Saran perbaikan 4. Perbaiki iklan yang Anda buat berdasarkan rekomendasi teman Anda! 56 Kelas VIII SMP/MT
Saya dapat mengisi tabel di bawah ini dengan benar sesuai dengan tingkat belajar Anda dari materi dalam bab ini! Pengendalian percakapan Level 1. Mampu menelaah dan membedakan dengan jelas unsur A B CD pada iklan, slogan dan poster.
Iklan media cetak elektronik, kelebihan iklan televisi dibanding iklan media cetak adalah, iklan media cetak atau elektronik, kelebihan dan kekurangan media cetak dan elektronik, kelebihan iklan televisi dibanding iklan media cetak, buatlah sebuah iklan elektronik untuk ditampilkan pada media cetak, iklan media cetak dan elektronik, apa persamaan dan perbedaan iklan media cetak dan elektronik, carilah perbedaan iklan media cetak dan iklan elektronik, kekurangan iklan media cetak adalah, contoh iklan media cetak dan elektronik, tuliskan perbedaan iklan media cetak dan iklan media elektronik