Konsumsi Bbm Innova Reborn Bensin – Siapa yang tidak mengenal Toyota Kijang Innova? Bagi masyarakat Indonesia, Toyota Kijang Innova merupakan salah satu kendaraan multiguna (multi purpose vehicle/MPV) terpopuler. Hal ini dikarenakan mobil ini memiliki performa mesin yang baik dan kabin yang nyaman serta irit bahan bakar Diesel Innova yang dikenal irit. Terakhir, konsumsi bahan bakar Innova tahun berapa?
Mobil 7 penumpang ini sudah ada di pasaran sejak tahun 2004 di Indonesia. Artinya, dalam 16 tahun terakhir Toyota Innova menjadi salah satu primadona di Indonesia. Harga Kijang Innova berkisar Rp326 juta hingga Rp428 juta. Inilah Harga Mobil Innova Terbaru Tahun 2020. Toyota Innova ini terkenal dengan mesin dan ruang kabinnya yang bagus.
Daftar Isi
Konsumsi Bbm Innova Reborn Bensin
Meski memiliki performa mesin yang bagus, namun masih banyak yang belum mengetahui seberapa irit bahan bakar yang digunakan atau dikenal juga dengan istilah efisiensi bahan bakar Toyota Kijang Innova baru. Ada dua varian mesin untuk New Kijang Innova. Yakni, mesin bensin berkode 1TR-FE berkapasitas 1998 cc, 4 silinder segaris, DOHC dengan dua VVT-i. Sedangkan mesin kedua adalah mesin diesel berkode 2GD-FTV berkapasitas 2.393 cc, 4 silinder segaris, DOHC dengan intercooler VNT.
Transmisi Otomatis Vs Manual Irit Mana Sih? Kami Coba Buktikan
Kedua mesin tersebut memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat berbeda. Lalu, bagaimana efisiensi bahan bakar Toyota Kijang Innova baru antara mesin bensin dan diesel? Kami akan membahas aksesori bensin pertama. Untuk konsumsi bahan bakar bensin Innova 2016 bisa dibilang lebih boros dibandingkan konsumsi bahan bakar solar Innova.
Untuk menjawab pertanyaan ini, berapa km bensin Innova 1 bisa? Hasil tes tersedia. Konsumsi bahan bakar Innova merupakan bahan bakar paling irit yang pernah tercatat pada 11,6 kmpl dengan transmisi manual.
Hasil tersebut didapat dari pengujian di jalan tol dengan batas kecepatan 62 km/jam. Bahan bakar yang digunakan pada bensin Toyota Innova ini menggunakan RON 90. Versi transmisi otomatis Toyota Innova dapat menghasilkan tenaga bahan bakar Innova yang lebih besar.
Lalu bagaimana dengan hasil irit bahan bakar new Toyota Innova versi Diesel? Ternyata konsumsi bahan bakar diesel Innova baru lebih irit dibandingkan mesin bensin. Mesin diesel Kijang Innova baru bisa mencapai 12,5 km/liter.
Toyota Innova Diesel Segera Berakhir Masa Hidupnya
Penggunaan New Kijang Innova merupakan hasil dari jalan di ibu kota. Sedangkan saat diuji di jalan niaga, konsumsi bahan bakar solar Innova bisa mencapai 17,8 kmpl pada batas kecepatan 90 km/jam. Putaran mesin diesel yang tinggi membuat output tenaga lebih ringan sehingga Anda tidak perlu menginjak pedal gas terlalu dalam. Konsumsi bahan bakar diesel Innova Reborn juga dipengaruhi oleh banyak faktor seperti gaya pengemudi, jumlah penumpang, beban dan kondisi lalu lintas.
Berikut ulasan Toyota Innova baru tentang efisiensi bahan bakar. Sebaiknya gunakan bahan bakar berkualitas baik agar performa mesin yang dihasilkan lebih irit. Jangan lupa, lakukan perawatan secara berkala agar mesin Toyota Innova Anda selalu dalam performa puncak.
Saya tergila-gila dengan mobil tua, terutama yang Eropa. Tentu saja saya suka berteman dengan mobil besar dan hanya dua pintu Jakarta – Nama Toyota Kijang sudah melegenda sejak tahun 1970. Minibus ini menjadi andalan masyarakat Indonesia sebelum kedatangan Toyota Avanza. Kini masyarakat dihadapkan pada dua pilihan, Kijang Innova diesel vs bensin, mana yang lebih irit?
Faktor ini menjadi faktor kunci bagi banyak orang Indonesia saat membeli mobil. Selain itu, Innova dilengkapi dengan mesin 2.000 cc ke atas yang dikenal ‘membutuhkan banyak’. Meski dikenal ekstra, namun kenyamanan dan kelapangan Innova tetap menjadi magnet utama sehingga juga menjadi juara pertama di segmen MPV mid-size.
Toyota Kijang Innova Bensin Di Angka Rp 75 Jutaan, Berikut Tahunnya
Masyarakat awam masih bingung ketika harus memilih antara Kijang Innova diesel vs bensin dari segi efisiensi bahan bakar dan performanya masing-masing. Secara umum konsumsi bahan bakar Toyota Kijang Innova berkisar antara 8-10 km/liter. Kekhawatiran ini menjadi lebih ketika Anda melihat bahwa versi diesel menawarkan lebih banyak torsi dengan efisiensi bahan bakar yang lebih besar.
Digunakan oleh Innova, suaranya sangat bagus dan getarannya juga rendah. Lebih asyiknya lagi, knalpotnya tidak akan memuntahkan tinta hitam seperti cumi-cumi yang menembak.
Bagi yang senang bepergian jauh bersama keluarga, pilihan mesin diesel D4D menjadi pilihan yang menarik. Pasalnya, banyak pengguna diesel Innova yang mengaku tenaga dieselnya bisa mencapai 11 km/liter. Torsi juga lebih besar pada putaran rendah, sehingga tarikan pertama lebih nyaman saat beban penuh.
Di sisi lain, jika mobil tidak digunakan untuk bepergian dalam kelompok, maka kita dapat mempertimbangkan opsi mesin bensin. Memang, bensin Innova terkenal lambat, tetapi menghasilkan tenaga dan torsi puncak yang manis. Mesin yang mencapai 150 km/jam tidak bagus.
Review Toyota Kijang Innova 2.0 V At 2019: Lebih Irit Dari
Sejak awal kemunculannya, Toyota Kijang selalu menggunakan mesin berbahan bakar bensin. Opsi mesin diesel baru diperkenalkan pada era Kijang Kapsul pada tahun 1997. Kehadiran mesin diesel tersebut dimaksudkan untuk melawan Isuzu Panther yang merupakan satu-satunya pemimpin mobil diesel.
Saat itu, Toyota sedang mencari untung dengan mesin diesel tua yang irit tapi berisik dan terlalu banyak getaran. Toyota Kijang diesel pada saat itu kurang populer dibandingkan Isuzu Panther. Namun, warga perlahan mulai menerima kehadiran mobil bermesin diesel di luar Panther.
Kemudian Toyota mencoba mengatasi keluhan dari mobil diesel yang tidak jalan, banyak getaran dan kebisingan. Raksasa otomotif asal Jepang ini telah menciptakan mesin 2.5 liter 2KD-FTV dengan teknologi common rail dan turbocharger pada Kijang Innova.
Kedua fitur inilah yang menjadi rahasia performa mesin diesel pada Kijang Innova yang lebih baik dan getaran yang halus. Konon, mesin ini lebih irit dan bertenaga dibandingkan mesin bensin 2,0 liter 1TR-FE. Sementara mesin diesel terus menunjukkan pertumbuhan yang cepat, Toyota tidak membuat banyak kemajuan dalam mesin bensin.
Pajak Toyota Kijang Innova Per Tahun Terbaru 2022
Perangkat 2KD-FTV dihentikan untuk diubah menjadi 2GD-FTV saat Innova Reborn dirilis. Innova generasi terbaru dilengkapi dengan Variable Nozzle Turbocharger (VNT) dan intercooler. Meski kapasitas mesin sudah diturunkan 100 cc, tenaga dan torsi sudah ditingkatkan menjadi 149 PS dan torsi 342-360 Nm.
Pesatnya perkembangan teknologi pada mesin diesel tidak dibarengi dengan inovasi varian mesin bensin yang menjadi andalan penjualan Kijang Innova. Toyota masih percaya dengan mesin 2.0 liter 1TR-FE 4 silinder, yang terkenal ‘lambat’ dan lamban. Penambahan teknologi Dual VVT-i tidak berdampak signifikan.
Alhasil, tenaga bensin Innova turun ke diesel, yakni 139 PS dan 183 Nm. Setelah kehilangan tenaga, Innova bensin juga kehilangan torsi, sehingga akan sangat mengganggu. Ayunan panjang menghasilkan energi yang ringan, sehingga tidak membutuhkan banyak tenaga untuk akselerasi awal.
Innova diesel memang lebih irit bahan bakar dibandingkan dengan Innova bensin namun harus diimbangi dengan harga baru yang lebih mahal. Di sisi lain, nilai perbaikan Innova diesel lebih baik dari versi bensin.
Alasan Toyota Kijang Innova Diesel Harganya Mahal
Perkembangan mesin diesel pada Kijang Innova sangat pesat dibandingkan dengan Kijang Kapsul era. Hal ini dikarenakan adanya motivasi dari masyarakat yang membutuhkan mobil yang irit bahan bakar dan memiliki tenaga atau torsi yang lebih baik. Padahal, teknologi yang ada pada mesin bensin belumlah canggih.
Versi diesel yang dulu dianggap boros dan kotor, kini menjadi premium. Bagi pecinta kecepatan, Innova diesel mudah dimodifikasi agar lebih bertenaga. Lebih gila lagi, banyak Innova diesel yang dimodifikasi untuk balap
Berdasarkan pengalaman pemilik Kijang Innova di perakitan mobil Seraya Motor, Innova versi diesel dengan transmisi otomatis mungkin memiliki torsi yang lebih tinggi. Sehingga penarik mobil keluarga ini bisa lebih responsif dibandingkan manual.
Dalam kondisi standar pabrik, konsumsi bahan bakar Kijang Innova generasi pertama untuk mesin bensin berkisar 5-6 kilometer/liter. Sedangkan tenaga diesel Kijang Innova berkisar antara 9-10 km/liter untuk pemakaian harian pada rute rata-rata.
Toyota Kijang Innova Diesel Vs Bensin, Mana Yang Paling Irit?
Meningkatkan performa mesin diesel Innova juga lebih mudah dibandingkan mesin bensin. Mesinnya standar, sedangkan perubahan dilakukan dengan menambahkan kabel ground, mengganti filter udara dengan yang aftermarket, dan menggunakan bahan bakar yang lebih berkualitas. Alhasil, konsumsi bahan bakar Innova Diesel untuk penggunaan gaya prima mencapai 11 km/liter.
Seperti kita ketahui, harga solar bersubsidi dari Pertamina adalah RP. 5.150 per liter. Bandingkan dengan bensin non subsidi termurah yakni Pertalite yang dijual dengan harga Rp. 7.800 per liter. Perbedaan keduanya cukup baik jika kita mengisi bahan bakar minimal 10 liter.
Innova juga merupakan penawaran pertama, terutama dalam versi mesin diesel. Mobil ini menawarkan tenaga yang besar, terutama untuk perjalanan jauh. Karena karakter mesin common rail didesain oleh badak yang tangguh, maka Kijang Innova diesel tidak mengalami kendala saat penanganan dibantu diesel.
Memang, hasil saat menggunakan bantuan diesel adalah dalam hal tidak responsif dan kinerja akselerasi yang kuat. Namun keunggulan lain yang dimiliki pemiliknya adalah biaya bahan bakar yang sangat irit karena harganya yang terjangkau. Orang Indonesia mulai menyadari bahwa mobil besar dengan tenaga sedang tidak nyaman karena beban yang berat.
Toyota Kijang Innova Reborn V 2.4 Matic 2015
Performa Innova diesel sedikit bertolak belakang dengan Innova bensin yang disarankan menggunakan BBM non subsidi. Jika Anda juga meminum bensin RON 88, hasilnya akan menggelitik mesin dan menurunkan performa.
Selain mahalnya biaya untuk membeli bensin, menggunakan bensin juga boros. Untuk mesin bensin, Toyota tidak melakukan perubahan apapun, yakni 1TR-FE 2.000cc 4 silinder 16 katup DOHC dengan tenaga 137 hp dan torsi 183 Nm.
Nah, mari kita lihat lebih dekat performa dari masing-masing varian mesin diesel pada Kijang Innova. Pada versi transmisi otomatis menghasilkan torsi maksimum 36,7 kg.m / 1.200 – 2.600 rpm. Sedangkan transmisi manual menghasilkan torsi maksimum 34,9 kg.m / 1.200 – 2.800 rpm.
Innova diesel dibekali transmisi otomatis 6 percepatan dengan Sport Performance Control sehingga mampu menghasilkan output torsi yang besar dan seketika. Soalnya, nilai torsi untuk matic versi diesel lebih besar 1,8 kg.m dari yang manual. Downforce menjadi lebih ringan dan pengemudi merasa nyaman pada throttle untuk akselerasi awal.
Perbandingan Konsumsi Bbm Innova Reborn Bensin Dan Diesel
Tutus Subronto Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008 ia telah meliput banyak kegiatan olahraga nasional. Pada Januari 2014 itu dicetak sebagai
Konsumsi bbm innova bensin vs diesel, konsumsi bbm innova bensin 2010, konsumsi bbm innova bensin matic, konsumsi bbm innova bensin 2005, konsumsi bbm innova bensin 2016, perbandingan konsumsi bbm innova bensin dan diesel, konsumsi bbm kijang innova bensin, konsumsi bbm all new innova bensin, konsumsi bbm innova bensin 2014, konsumsi bbm innova bensin, harga aki innova reborn bensin, konsumsi bbm innova bensin 2012