Toyota Rush Irit Atau Boros

Toyota Rush Irit Atau Boros – Sudah bukan rahasia lagi jika Toyota Rush menjadi primadona di kelas Low Sport Utility Vehicle (LSUV). Di antara para pesaingnya, mobil produksi Toyota ini tampaknya menjadi yang “paling SUV”. Tapi bagaimana dengan efisiensi bahan bakarnya (BBM)?

Omong-omong, tim menguji mobil yang dibanderol dengan harga Rp. 249,6 juta Rp. 270,4 juta, serta beberapa rival seperti Suzuki XL7 dan Honda BR-V. Jadi saya akan melihat beberapa perbandingan.

Toyota Rush Irit Atau Boros

Namun sebelum kita masuk ke pembahasan itu, mari kita lihat dulu apa yang membuat mobil adik Daihatsu Terios ini begitu menarik.

Konsumsi Bbm Toyota, Mana Yang Paling Irit?

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya seberapa baik Toyota Rush sebenarnya? Kita ambil contoh pada Februari 2021, ketika penjualan grosir segmen LSUV mencapai 4.296 unit.

Percaya atau tidak, 2160 di antaranya adalah Toyota Rush. Di posisi kedua ada Mitsubishi Xpander Cross dengan angka grosir sebanyak 840 unit. Jadi bisa dibayangkan betapa larisnya mobil ini.

Dari luar memang harus diakui bahwa Toyota Rush memiliki tampilan yang “lebih SUV”. Konon, meski mobil ini menggunakan mesin Toyota Avanza Veloz, tidak hanya terlihat seperti kendaraan serba guna (MPV) facelift.

Ini agak berbeda jika melihat beberapa pesaingnya. Mitsubishi Xpander Cross masih memiliki aura minivan yang berani. Begitu juga dengan Suzuki XL7 yang dalam banyak hal masih terasa seperti Ertiga.

Cari Suv Murah, Intip Dulu Kelemahan Toyota Rush Gen 1 Bekas

Alasan lain mengapa seseorang memilih Toyota Rush mungkin karena mereka membutuhkan mobil yang bisa menyiksa. Ground clearance yang tinggi dan penggunaan sistem penggerak roda belakang membuat Toyota Rush cukup tangguh untuk mengatasi medan yang berat.

Belum lagi desain suspensi depan dan belakang yang lebih pendek, sehingga lebih aman jika harus melewati rintangan dengan sudut miring yang curam.

Nilai tambah dari mobil ini adalah memiliki fitur keselamatan yang lengkap. Toyota Rush dilengkapi dengan enam airbag. Terdiri dari empat airbag depan dan sepasang curtain airbag yang memanjang dari pilar A hingga D.

BACA  Cara Belajar Motor Kopling Bagi Pemula

Selain itu, ada sistem pengereman ABS, kontrol traksi, kontrol stabilitas kendaraan, dan hill start assist. Menariknya, fitur keselamatan yang lengkap tersedia di semua varian dari yang paling bawah hingga yang paling atas.

Konsumsi Bbm Rush Gr Sport Jakarta Semarang

Manfaat yang cukup telah dibahas. Di sisi lain, tentunya ada juga kekurangan yang harus diwaspadai oleh calon pemilik mobil ini.

Salah satu yang terpenting adalah kabinnya yang cukup sempit. Ini akan terasa nyata jika Anda duduk di kursi pengemudi. Secara keseluruhan, ruang kepala di setiap baris kursi di mobil ini juga sangat terbatas.

Kerugian lain terkait dengan kenyamanan. Dari dulu hingga sekarang, Toyota Rush masih memiliki karakter shock suspensi yang kuat. Namun pada generasi terakhir, meski masalah ini belum sepenuhnya hilang, sebenarnya sudah agak berkurang.

Selain semua itu, ada kelebihan dan kekurangan lain untuk mobil ini. Namun ini bukan topik utama pembahasan, melainkan konsumsi bahan bakar Toyota Rush.

Cara Bikin Toyota Innova Jadi Irit Bbm, Simak Tipsnya

Saat membeli mobil baru, konsumsi bahan bakar tidak boleh diabaikan. Kelemahan kecil bagi mereka yang ingin memilih Toyota Rush, mobil ini bukanlah mobil yang paling efisien di kelasnya.

Setidaknya berdasarkan data uji yang dilakukan tim. Faktor utama yang menentukan konsumsi bahan bakar mobil ini tentu saja mesin.

Bagi yang belum tahu, mesin 2NR-VE juga menjadi sumber tenaga Avanza Veloz 1500cc. Mesin ini kini menggunakan teknologi katup variabel Dual VVT.

Inilah salah satu penyempurnaan yang didapat Toyota Rush generasi kedua saat dirilis pada tahun 2017 lalu. Pada generasi sebelumnya, mesin Toyota Rush masih mengadopsi VVT-i.

Panduan Membeli Toyota Rush Dan Daihatsu Terios Bekas

Bahkan, banyak yang kaget saat generasi kedua lahir. Karena tenaga mesin justru mengalami penurunan. 102 hp dan 136 Nm dari sebelumnya 109 hp dan 145 Nm.

Tetapi Anda dapat mengatakan bahwa itu hanya di atas kertas. Pasalnya, saat menguji mobil ini secara langsung, respon mesin masih sangat ideal. Daya yang dihasilkannya dapat disimpan di setiap belokan.

Hal ini tak lepas dari hadirnya teknologi Dual VVT-i. Hal ini tidak hanya memastikan distribusi tenaga yang lebih merata, tetapi secara teoritis penghematan bahan bakar Toyota Rush juga lebih baik dari generasi sebelumnya.

Tenaga yang dihasilkan mesin disalurkan ke roda belakang. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penggunaan sistem penggerak semua roda jenis ini memiliki kelebihan, karena meningkatkan daya tahan kendaraan.

Gambar 3 Detail Tentang 5 Perbedaan Toyota Rush Gr Sport Dan Rush Trd Sportivo, Lebih Suka Yang Mana?

Namun di sisi lain, ada juga sisi negatifnya. Sistem penggerak roda belakang memiliki lebih banyak kehilangan daya daripada sistem penggerak roda depan. Dengan demikian tenaga yang dihasilkan mesin tidak sepenuhnya mencapai roda, karena harus terlebih dahulu melewati poros.

BACA  Perbedaan Japstyle Dan Cafe Racer

FYI, mobil penggerak roda belakang memiliki sekitar 10% -18% kehilangan daya, juga dikenal sebagai kehilangan daya. Sedangkan untuk sistem penggerak roda depan, antara 10% hingga 15%.

Hal ini sedikit banyak akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar mobil. Mobil dengan sistem penggerak roda belakang cenderung lebih mahal daripada yang menggunakan penggerak roda depan.

Pada Agustus 2020, konsumsi bahan bakar Toyota Rush tercatat 12,1 km/liter untuk rute kombinasi dan 20,5 km/liter untuk berkendara ramah lingkungan.

Kelebihan Dan Kekurangan Toyota Rush Trd Sportivo

Lebih tepatnya, konsumsi bahan bakar rute gabungan didapat setelah kendaraan harus menempuh jarak hingga 350 km. Kondisi mengemudi yang dihadapi benar-benar berbeda. Dari jalan raya hingga lalu lintas kota yang lewat.

Tes ini juga melibatkan menghentikan atau memperlambat mobil saat tim internal mengambil foto dan melakukan tes akselerasi.

Sedangkan untuk uji eco-driving, mobil diajak menempuh jarak hingga 30 km, dengan mengutamakan prinsip konsumsi bahan bakar yang rendah.

Hasil uji konsumsi beberapa kompetitor mobil ini yang dihadirkan di awal, antara lain Suzuki XL7 dan Honda BR-V juga dikantongi. Nah, dibandingkan kedua mobil tersebut, bisa dikatakan Toyota Rush kurang irit di atas kertas.

Ini Penyebab Toyota Rush Lebih Laris Dibanding Daihatsu Terios

Konsumsi bahan bakar keseluruhan Suzuki XL7 adalah 12,7 km/liter dan 22,4 untuk mode berkendara ramah lingkungan. Honda BR-V memiliki indikator 13 km/liter untuk rute kombinasi dan 21 km/liter dengan eco-driving.

Dapat disimpulkan bahwa Toyota Rush bukanlah yang termurah di kelas LSUV. Namun untuk pembahasan lebih detail mengenai perbandingan konsumsi bahan bakar Toyota Rush dengan Suzuki XL7 atau Honda BR-V bisa dibahas di artikel tersendiri.

Apakah sebuah mobil irit bahan bakar tergantung pada bagaimana mobil itu dikendarai. Apalagi jika kendaraan bekas tidak memiliki fitur irit bahan bakar.

Hal ini terlihat pada Toyota Rush. Fitur keamanan bisa sangat lengkap. Namun teknologi tersebut dibatasi oleh performa lingkungan untuk mencapai konsumsi bahan bakar yang irit bagi pengemudi.

Mitsubishi Xpander Cross Vs Toyota Rush, Performanya Lebih Oke Mana?

Toyota Rush Eco Gauge terletak di Multi Information Display (MID). Fitur ini tersedia secara line dan dauh. Semakin penuh garis yang terlihat, semakin efisien pengemudi mengemudi.

Fitur lain yang juga dapat dilihat di MID adalah konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar real-time, dan sisa jarak berkendara berdasarkan jumlah bahan bakar di dalam tangki.

Selain memanfaatkan fitur-fitur yang telah disebutkan, pengemudi harus berusaha sendiri untuk efisiensi bahan bakar Toyota Rush. Misalnya, mengganti persneling pada putaran mesin rendah jika menggunakan tipe girboks manual. Atau berakselerasi secara bertahap dalam transmisi otomatis.

Alhasil, mobil ini bukanlah mobil paling irit di kelasnya. Meski angka konsumsi bahan bakarnya masih cukup ideal.

BACA  Kampas Kopling Baru Tapi Masih Selip

Toyota Avanza Vs Toyota Rush

Jadi bagi sebagian orang mungkin bukan masalah besar mengingat jumlah penjualan yang masih diatas sana. Karena di sisi lain, mobil ini tetap menawarkan kekokohan dan fitur keselamatan yang lengkap untuk sebuah LSUV.

Jika melihat tren SUV yang semakin populer, mobil ini diperkirakan akan banyak dilirik di masa mendatang. Meski tak bisa dipungkiri setelah hadirnya SUV kompak seperti Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Kia Sonet atau Nissan Magnite, harganya mulai terlihat mahal.

Dalam kompetisi ini, Toyota Rush tetap unggul dalam hal kapasitas kabin yang mampu mengangkut tujuh penumpang.

Saat ini Toyota Rush hanya tersedia dalam dua varian yakni G dan TRD Sportivo. Masing-masing memiliki pilihan transmisi manual 5-percepatan atau transmisi otomatis 4-percepatan konvensional.

Perjalanan 1.500 Km Dengan Daihatsu Terios

Semua varian menggunakan konfigurasi 7 kursi. Berbeda dengan generasi sebelumnya, ada beberapa variasi yang menggunakan bangku 5-seater.

Sedikit tip untuk mereka yang akan lebih banyak menggunakan mobil ini di jalan yang tidak beraspal. Sebaiknya pilih varian G, karena aksesori varian TRD Sportivo sedikit mengurangi ground clearance yang rendah, meski hanya berdasarkan pengamatan visual.

Adapun harga Toyota Rush generasi kedua yang dikutip dari situs resmi Toyota (Juni 2021), ini dia.

Mada Prastya bergabung sebagai penulis di Indonesia mulai Februari 2021. Ia menyukai kendaraan roda dua karena sederhana, cepat dan memberikan rasa kebebasan berkendara. E-mail: [email protected] Meski crossover dan LSUV sedikit berbeda, kedua kendaraan ini dijual dengan harga yang hampir sama. Harga Rush terbaru mulai dari Rp. 255 juta Rp. 266 juta dan Mitsubishi Xpander Cross seharga Rp. 272 juta Rp. 292 juta. Tak heran jika keduanya sering disandingkan dalam mencari mana yang lebih baik. Untuk lebih jelasnya, kami telah menyiapkan tabel perbedaan harga antara kedua mobil tersebut.

Konsumsi Bbm Honda Brio Vs Toyota Agya, Duo Hatchback Super Irit

Toyota Rush Indonesia terbaru yang diberi nama Freedom Unlimited merupakan generasi kedua dari mobil Jepang ini. LSUV ini diluncurkan pada 23 November 2017 dalam dua varian, G dan TRD. Tidak hanya itu, PT. Toyota Astra Motor (TAM) juga menawarkan transmisi otomatis dan manual untuk Rush, sehingga calon pembeli dapat memilih transmisi berdasarkan kenyamanan mereka.

Toyota Rush terbaru telah mengalami beberapa kali perubahan, misalnya pada bagian eksterior yang mengalami perubahan drastis. Dengan desain garis, eksterior menjadi lebih modern

Rush irit atau boros, sigra irit atau boros, crv boros atau irit, nmax irit atau boros, terios irit atau boros, avanza irit atau boros, xpander irit atau boros, sienta irit atau boros, apv irit atau boros, aerox irit atau boros, freed boros atau irit, fortuner irit atau boros